Rapat Paripurna LKPJ Walikota Tahun 2016 Ditutup

Jumat, 16 Juni 2017

Humas

Berita

Dibaca: 491 kali

Beberapa rekomendasi disampaikan dewan, yang bersifat positif dan konstruktif merupakan salah satu wujud nyata pengakuan dan tanggung jawab bersama antara pemerintah kota dengan DPRD untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat sesuai dengan motto kota Pematangsiantar, "SAPANGAMBEI MANOKTOK HITEI".

Hal itu disampaikan Hefriansyah dalam sambutan penutupan rapat paripurna istimewa DPRD tentang penyampaian rekomendasi atas LKPJ Walikota Tahun 2016, di gedung harungguan Jalan Adam Malik Jumat Pagi (16/6).

Dalam sidang yang dipimpin Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak,SE didampingi wakil ketua Mangatas Silalahi,SE dan Timbul Lingga,SH Plh.Walikota menyampaikan bahwa, catatan serta rekomondasi yang disampaikan ini akan kami tindak lanjuti demi perbaikan kinerja pemerintah kota Pematangsiantar dimasa yang akan datang.

Kunci keberhasilan pembangunan daerah ditentukan oleh kemampuan Pemko dan DPRD dalam menjalankan tugas serta kewenangannya sebagai penyelenggara pemerintah daerah sesuai dengan UU No.23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan PP No.3/2007 tentang laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada masyarakat.  

Ucapan trimakasih kepada seluruh fraksi di DPRD yang tergabung dalam panitia khusus LKPJ Walikota Pematangsiantar tahun 2016, sehingga terbit rekomondasi terhadap laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Walikota Tahun 2016, kami menyadari bahwa rekomendasi ini merupakan wadah dalam evaluasi menyeluruh terhadap kinerja pemerintah kota Pematangsiantar sepanjang tahun 2016, semua rekomondasi DPRD ini menjadi pemicu dan motivasi bagi rekan rekan SKPD untuk lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya, semoga segala tugas dan pengabdian kita terhadap masyarakat untuk mewujudkan kota Pematangsiantar lebih mantap maju dan jaya serta mendapat ridho dari Tuhan yang Maha Kuasa, kata Hefriansyah di depan segenap wakil rakyat dan pimpinan SKPD.

Sebelumnya, sekretaris dewan, Mahadin Sitanggang SH membacakan keputusan tentang rekomendasi Atas LKPJ Walikota Tahun 2016, pada intinya secara umum di sampaikan bahwa penyelenggaraan tugas desentralisasi pada urusan wajib tidak memiliki indikator kinerja utama sesuai dengan amanah peraturan menteri PAN Nomor : 9 Tahun 2007 tentang pedoman umum penetapan indikator kinerja utama dilingkungan instansi pemerintah, sehingga kami tidak dapat mengukur capaian keberhasilan kinerja di setiap SKPD, kemudian kurangnya tindak lanjut hasil rapat koordinasi dengan instansi pemerintah, hal ini tercermin dari pelaksanaan program/kegiatan dan dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan yang dilakukan Bappeda belum optimal baik dari tahapan, substansi pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi.

Beberapa point rekomendasi terhadap LKPj Tahun 2016 diantaranya, dalam hal kerjasama RSUD. Dr. Djasamen Saragih dengan pihak ketiga, diharapkan dapat mencerminkan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dan penambahan pendapatan asli daerah. Dalam hal koordinasi dengan instansi vertikal,  di sarankan agar Pemerintah Kota meningkatkan hubungan koordinasi dimaksud khususnya dengan pihak kepolisian dalam hal manajemen, pengamanan dan rekayasa lalu lintas.

Dalam hal pencegahan dan penanggulangan bencana, di sarankan agar pemerintah kota lebih fokus pada upaya-upaya pencegahan bencana antara lain dengan pelestarian lingkungan melalui pemeliharaan Daerah Aliran Sungai (DAS), perbaikan dan pemeliharaan drainase, dan pemberian amdal sesuai dengan ketentuan terhadap usaha-usaha yang berhubungan dengan lingkungan hidup, ditambahkan dalam hal ketentraman dan ketertiban umum melalui Satuan Polisi Pamong Praja kami sarankan agar penegakan peraturan daerah dan peraturan perundang-undangan lainnya lebih ditingkatkan dengan melakukan penertiban dan penindakan. Rapat paripurna diikuti anggota DPRD dan dihadiri pimpinan SKPD kota Pematangsiantar.(Humas Pemko Pematangsiantar)

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Statistik Pengunjung

  Online = 6
  Hari ini = 131
  Total = 37343

Ikuti Kami