Hari Lahir Pancasila 1 Juni Diperingati

Kamis, 01 Juni 2017

Humas

Berita

Dibaca: 623 kali

Pematangsiantar-Plh.Walikota pimpin upacara Harlah Pancasila pada hari libur Nasional 1 Juni yang ditetapkan  melalui Kepres No 24 Tahun 2016 dan bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan kamis pagi di Lapangan Haji Adam Malik Kota Pematangsiantar, (1/6)
 
Upacara diisi dengan pemeriksaan barisan serta dilanjutkan pembacaan teks pancasila oleh inspektur upacara, yang di ikuti seluruh peserta seperti perwakilan dari TNI, Polri, Salpol PP, ASN, Ormas, masyarakat serta para pelajar dari tingkat SD, SLTP, SLTA.
 
Tampak hadir pada upacara tersebut Ketua Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Pasti Tarigan, SH.MH, Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak, SE dan anggota DPRD, mewakili Kapolres, Danrem, Dandim, Danrindam, serta Kepala SKPD, Camat, Veteran, Ketua organisasi pemuda dan tokoh masyarakat, tokoh agama.
 
Dalam amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang dibacakan Plh Walikota Hefriansyah, SE.MM, mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menghayati nilai-nilai luhur pancasila,  dan menyadari bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang penuh keberagaman, baik suku bangsa maupun budaya yang harus tetap bersatu.
 
Sekarang ini kebinnekaan sedang diuji oleh berbagai persoalan mulai dari radikalisme, konflik sosial hingga terorisme, dan kondisi tersebut diperparah maraknya berita hoax di media sosial (medsos) yang isinya ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, oleh karena itu perlunya kita / seluruh Rakyat Indonesia harus terus menjaga 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika  guna terhindar dari persoalan- persoalan tersebut.
 
Selain itu Presiden RI Ir. Joko Widodo juga menyebutkan bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal l Juni 1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan keberagaman.
 
Selanjutnya Presiden RI juga mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, biksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. 
 
Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan, ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, sebelum menutup amanat ini saya berpesan untuk selalu menjaga perdamaian, menjaga persatuan, dan menjaga persaudaraan di antara kita. Dengan saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa serta saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan lndonesia. 
 
Demikian amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakan Plh. Walikota Hefriansyah, SE,MM selaku inspektur dalam upacara peringatan Hari lahir Pancasila  pagi tadi. (Humas Pemko Pematangsiantar)

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Statistik Pengunjung

  Online = 7
  Hari ini = 131
  Total = 37343

Ikuti Kami