BPS Gelar FGD Bahas Pematangsiantar Dalam Angka

Selasa, 06 Agustus 2019

Humas

Berita

Dibaca: 1468 kali

Focus Group Discussion (FGD) untuk menyamakan data dalam penyusunan publikasi Pematangsiantar dalam angka tahun 2019 yang akurat. Acara yang digelar Badan Pusat Statistik Pematangsiantar dibuka Wakil Wali Kota Togar Sitorus, di Laponta Room Siantar Hotel Jalan WR Supratman, Selasa (6/8).

Dalam sambutannya, Wawako mengatakan, sebelum data pemerintah dipublikasikan, harus dikoordinasikan disepakati oleh institusi yang diakui pemerintah sebagai penyedia data, yaitu Badan Pusat Statistik dengan instansi atau OPD sebagai sumber data, agar jangan sampai setelah data dipublikasikan, muncul perdebatan dan permasalahan.

Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No 39 Tahun 2019 tanggal 17 Juni 2019 tentang "Satu Data Indonesia" disebutkan, agar kebijakan tata kelola data pemerintah menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagi-pakaikan.

Diperlukan koordinasi yang cukup intens untuk menyinkronkan data-data yang akan diterbitkan nantinya. "Pemerintah daerah juga harus mempunyai basis data (database) yang terpercaya, valid, dan senantiasa diperbaharui dan setiap OPD harus mempunyai database yang terbaru (up to date), sebut Togar saat menyampakan sambutan tertulis Wali kota.

Sementara itu Kepala BPS Pematangsiantar Ir Sawaluddin Naibaho MSi menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan FGD tersebut yakni untuk kesamaan data dalam penyusunan publikasi Pematangsiantar tahun 2019 yang akurat. Sejauh ini, sambungnya, peserta FGD sebanyak 33 instansi.

Dalam acara tersebut tampak hadir dari Polres Pematangsiantar, Pengadilan Negeri Pematangsiantar, para pimpinan BUMN/BUMD yang ada di kota Pematangsiantar, dan pimpinan OPD lainnya. (Humas/Toni/Eva).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

e-PLANNING

SIPSSH

Aplikasi Penyaluran Dana Hibah

Statistik Pengunjung

  Online = 8
  Hari ini = 695
  Total = 333509

Ikuti Kami