Berita



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Link Terkait

Peta Lokasi


Bappeda Pematangsiantar Mulai Rancang RKPD Tahun 2020

Selasa, 19 Februari 2019

Humas

Berita

Dibaca: 319 kali

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pematangsiantar menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020. Kegiatan dibuka Wali kota H Hefriansyah SE MM di Gedung Serbaguna Bappeda Pematangsiantar, Selasa (19/2).

Guna mendukung upaya pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dalam melaksanakan pembangunan, perencanaan merupakan bagian yang paling penting. Yakni untuk merumuskan arah, tujuan, kebijakan, serta strategi yang akan digunakan dalam melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk hidup lebih baik.

“Salah satu perencanaan jangka pendek yang wajib dilakukan oleh pemerintah daerah tertuang dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD,” sebut wali kota saat menyampaikan arahannya.

Sebagai bagian dari perencanaan pembangunan jangka menengah, lanjut wali kota, substansi RKPD Kota Pematangsiantar tahun 2020 senantiasa diupayakan semakin efektif dan efisien. Dengan tema pembangunan Kota Pematangsiantar, yaitu mewujudkan sumber daya manusia berkualitas dalam mendukung pembangunan Kota agar semakin Mantap, Maju, dan Jaya.

Prioritas pembangunan diarahkan pada pembangunan manusia melalui peningkatan akses pelayanan pendidikan dan kesehatan, penguatan konektivitas melalui perluasan terbukanya akses jalan dan transportasi yang terintegrasi hingga pemukiman penduduk, dan mendukung pergerakan orang, barang, dan jasa.

Selanjutnya, penguatan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance) melalui peningkatan kualitas SDM aparatur, sarana dan prasarana. Serta sistem pemerintahan berbasis elektronik (perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan), peningkatan pertumbuhan dan penguatan UKM dan koperasi, serta pembangunan dan pengembangan potensi pariwisata, ekonomi kreatif dan digital.

Wali kota meminta Kepala Bappeda agar menyusun jadwal Expose Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait rencana kerja OPD. Selanjutnya di-breakdown. Sehingga di tahun 2020, anggaran dan program kegiatan akan lebih tepat guna, tepat sasaran, dan berbasis kinerja.

“Di samping itu juga expose nanti akan menjadi bahan evaluasi saya terhadap kemampuan OPD dalam perencanaan program dan kegiatan di OPD-nya masing-masing,” tukas wali kota.

Kepala Bapeda Drs Midian Sianturi dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk Menyelaraskan Prioritas dan Sasaran Pembangunan Daerah Kota Pematangsiantar. Tentunya dengan arah kebijakan, prioritas, dan sasaran pembangunan nasional dan provinsi. Selanjutnya, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemko Pematangsiantar melalui Musrenbang di tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Pelaksanaan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Pematangsiantar Tahun 2020 akan menghasilkan kesepakatan tentang rumusan yang menjadi masukan utama untuk penyempurnaan Rancangan Awal RKPD yang dituangkan dalam Berita Acara Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Pematangsiantar Tahun 2020,” terang Midian.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kota Pematangsiantar Budi Utari AP, Kasubbid Monitoring dan Informasi Bappeda Provinsi Sumatera Utara Pahala Panjaitan ST MT, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Ir Sawaluddin Naibaho MS, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, para Staf Ahli dan Asisten, para pimpinan OPD, serta camat dan tokoh masyarakat. (Humas/Eva/Toni)

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 3
  Hari ini = 301
  Total = 227801

Ikuti Kami