Berita



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Link Terkait

Peta Lokasi


Fashion Show Meriahkan Peringatan Hari Ulos di Pematangsiantar

Selasa, 27 November 2018

Humas

Berita

Dibaca: 384 kali

Hari ulos nasional yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 17 Oktober dimeriahkan dengan pertunjukan busana bernuansa ulos, acara yang digelar Dinas Korperasi UKM dan Perdagangan kota Pematangsiantar dihadiri Wali Kota H Hefriansyah, SE, MM di lantai 6 Hotel Sapadia Jl. Diponegoro nop.21 A, Selasa (27/11).

Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan, Ulos bagi masyarakat batak pada awalnya dimaknai sebagai perlambang setiap pemberian hula-hula (kelompok kekerabatan pemberi gadis dalam sistem perkawinan adat Batak) kepada pihak boru, Ulos adalah sebagai kain tenun yang diwariskan leluhur dan selalu setia mengiringi perjalanan kultural batak, baik pada upacara pernikahan, kelahiran, duka maupun suka.

Kegiatan ini diggelar bertujuan untuk menjaga dan melestarikan sekaligus memberdayakan para pengrajin ulos melalui perlombaan fashion show dengan motif ulos, kepada anak-anak kami sebagai generasi penerus, agar lebih dini mengenalnya dan kepada masyarakat luas agar dapat melestarikan peninggalan leluhur, katanya.

Melalui kegiatan ini diharapkan agar masyarakat dapat melestarikan ulos tersebut, kepada anak-anak sebagai generasi penerus, serta memberikan motivasi untuk para pengerajin agar tetap berkarya dan memproduksi ulos yang lebih berkualitas sehingga kota Pematangsiantar mempunyai produk unggulan, kata Plt Kadis Jadimpan Pasaribu dalam laporannya.

Adapun peserta yang mengikuti perlombaan ini lanjut Jadimpan, berjumlah 94 orang, terdiri dari 3 kategori, yaitu kategori anak - anak (TK) sebanyak 34 0rang, kategori anak - anak (SD) sebanyak 38 orang, dan kategori dewasa atau remaja sebanyak 22 orang, jelasnya.

Tampak hadir Ketua DPRD Pematangsiantar diwakili Kamaludin Manik, perwakilan Bank Indonesia cabang Pematangsiantar, Ketua TP.PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kota Pematangsiantar Ny.Syahputri Hefriansyah Br Hutabarat, Ketua Dahrma Wanita Persatuan Ny. Yustina Riski Budi Utari br Hasibuan perwakilan Partuha Maujana Rohdian Purba, dan lainnya. (Humas/Dian).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 3
  Hari ini = 349
  Total = 204085

Ikuti Kami