12.920 Warga Miskin Pematangsiantar Terima Kartu Combo BRI

Jumat, 23 November 2018

Humas

Berita

Dibaca: 279 kali

Penyaluran bantuan pangan yang selama ini melalui program subsidi Raskin dan berubah menjadi Bansos Rastra agar lebih tepat sasaran, jumlah dan waktu kepada 12.920 keluarga miskin di kota Pematangsiantar melalui bantuan pangan non tunai (BPNT) dengan kartu combo dari BRI, acara dihadiri Wakil Wali Kota Togar Sitorus, SE, MM di Aula Bank BRI cabang Pematangsiantar, Jumat, (23/11).

Sambutan Wali Kota Pematangsiantar yang dibacakan Togar sebelum peluncuran BPNT dengan menyerahkan kartu combo secara simbolis mengatakan, bantuan pangan non tunai adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) setiap bulannya.

Melauli mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan, warong yang bekerjasama dengan Bank dan Bulog. "Agar program ini efektif, pemerintah kota akan menyampaikan kepada para lurah untuk bekerjasama dengan RT/RW dalam memberikan informasi yang tepat", katanya.

"Bank BRI berperan dalam membantu mendistribusikan program BPNT yang merupakan implementasi program dari Kemensos sesuai arahan langsung dari Presiden agar setiap bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai menggunakan sistem perbankan, penyaluran seperti ini akan memberi kemudahan mengontrol, memantau, dan mengurangi penyimpangan", ucap pimpinan cabang Bank BRI Pematangsiantar Sufian Jalil.

Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pariaman Silaen, SH dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini di laksanakan sebagai upaya penyaluran bantuan pangan yang selama ini melalui program subsidi raskin dan berubah menjadi bansos rastra agar lebih tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu, dan bertujuan mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat, memberikan gizi yang lebih seimbang kepada KPM, dan meningkatkan ketepatan sasaran dan waktu.

Jumlah peserta KPM untuk kota Pematangsiantar seluruhnya terdapat kuota sebanyak 12.920 KPM yang tersebar di 52 kelurahan akan menerima kartu combo dari Bank BRI Cabang Pematangsiantar. Kartu Combo tersebut dapat digunakan untuk transaksi pembelian kebutuhan pangan dengan pilihan yang lebih beragam serta sesuai dengan kualitas yang di inginkan.

Kebutuhan pangan tersebut akan disalurkan oleh Sub Divre II Bulog Pematangsiantar sebagai mitra terhadap 64 RPK dan E- Warung Kube Jasa sebagai agen BRI link yang tersebar disetiap kelurahan. Program baru dari pemerintah untuk masyarakat kriteria prasejahtera melalui mekanisme uang elektronik sebagai bantuan sosial di bidang pangan, katanya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Pematangsiantar Elly Tjan, mewakili Ketua DPRD Pematangsiantar Hotmaulina Malau, Asisten II Drs. H. M Akhir Harahap, Kabag Perekonomian Abd Khodir Siregar dan lainya. (Humas/Dian)

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 11
  Hari ini = 421
  Total = 177031

Ikuti Kami