Berita



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Link Terkait

Peta Lokasi


Sejak 2017 Pemko Pematangsiantar Terapkan Non Tunai

Senin, 12 November 2018

Humas

Berita

Dibaca: 480 kali

Penerapan sistem transaksi non tunai dilingkungan pemko Pematangsiantar dimulai sejak tahun 2017 dan terus ditingkatkan dengan menggelar bimbingan teknis melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), acara dibuka Wakil Wali Kota Togar Sitorus, SE, MM di ruang data, Senin (12/11).

Dalam sambutan Wali Kota yang dibacakannya, Togar mengatakan, penerapan sistem transaksi non tunai sesuai dengan intruksi dan surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 910/1867/SJ tanggal 17 April 2017 tentang implementasi transaksi non tunai pada pemda dan pemantauan reicening pendapatan dan belanja organisasi dan percepatan transaksi non tunai termasuk pembayaran pihak ketiga.

Untuk itu pemerintah kota telah menindaklanjutinya dengan menerbitkan instruksi Wali Kota Pematangsiantar Nomor 1 tahun 2017 tentang pelaksanaan transaksi non tunai, penerapan sistem transaksi non tunai memudahkan arus transaksi keuangan bagi bendahara.

Kegiatan bimtek ini, merupakan amanah dari reformasi birokrasi tata penyelenggara pengelolaan dan kebijakan keuangan daerah, “untuk mempermudah proses transaksi kita harus lakukan penataan pemerintahan mulai dari administrasi keuangan dengan sistem non tunai,” tegas Wakil Wali Kota.

Dalam laporan kepala BPKD yang disampaikan Kabid Perbendaharaan Felix Simatupang menjelaskan, sosialisasi ini digelar untuk implementasi transaksi keuangan non-tunai, sehingga kedepannya semua transaksi lewat sistem yang dipakai oleh perbankan dan menyesuaikan dengan peraturan.

Dampaknya mewujudkan efisiensi belanja APBD, memudahkan proses pencatatan, pengawasan serta mendorong jalannya pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan bagi pejabat atau pegawai yang melakukan penata usahaan dan akuntansi pelaporan keuangan daerah, sehingga mempunyai kompetensi dan mampu mewujudkan tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah dengan cara transaksi non tunai, pungkasnya. (Humas/Dian).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 6
  Hari ini = 338
  Total = 216260

Ikuti Kami