Dihari Pahlawan ke 73 Tugu Raja Siantar Dibangun

Sabtu, 10 November 2018

Humas

Berita

Dibaca: 322 kali

Perjalanan panjang pembangunan tugu raja Siantar Sangnaualuh Damanik dimulai sejak tahun 2012, hari ini pada peringatan hari pahlawan ke 73 tahun 2018 Wali Kota Pematangsiantar Haji Hefriansyah, SE, MM secara simbolis memulai pembangunannya disekitar lapangan Haji Adam Malik, Sabtu (10/11).

Upacara peringatan hari pahlawan ke 73 tahun 2018 dengan tema "Semangat pahlawan didadaku", diikuti jajaran ASN, TNI, Polri, Ormas, Mahasiswa dan Pelajar dengan inspektur upacara Wali Kota Pematangsiantar dimulai Sabtu pagi sekitar pukul 08.30 WIB di lapangan Haji Adam Malik.

Saat pelaksanaan upacara Wali Kota membacakan amanat Mensos RI Dr.Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si diantaranya menerangkan, peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi disetiap peringatannya harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan hari pahlawan menjadi momentum bagi bangsa lndonesia untuk melakukan introspeksi diri. sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nirai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur, sebut Wali kota.

Usai upacara di lapangan H Adam Malik selanjutnya Wali Kota dan wakilnya Togar Sitorus SE, MM, Kapolres Pematangsiantar Doddy Hermawan SIK bersama Forkopimda lainnya serta Sekda Budi Utari, AP, Ketua TP PKK Syahputri Hutabarat, para peserta upacara menabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Nagur.

Dihari yang sama setelah selesai melaksanakan rangkaian acara peringatan hari pahlawan, didepan ahli waris Raja Sangnaualuh Damanik saat menyampaikan pidatonya Wali Kota mengatakan, banyak masukan dan kritik untuk satu tujuan yakni terbangunnya tugu ini.

Tahun ini dianggarkan 3 Milyar kemudian untuk tahun 2019 kita anggarkan 10 Milyar, ini membuktikan pemerintah kota siap untuk melaksanakannya. Didepan ahli waris kerajaan Siantar bersama sejumlah tokoh adat yang menyambut gembira, Wali Kota meminta kepada jajarannya agar 8 Poda (sifat luhur) Raja Sangnaualuh Damanik dipampangkan di kantor-kantor OPD, kantor Camat dan kantor lurah.

Dalam 8 sifat luhur (Poda) antara lain Pengasih, Pelayan, Jujur, Berani, Bertangungjawab, Teguh Pendirian, Saling Meghormati dan Membangun, harus jadi pegangan, sehingga pemerintah punya arah, agar kota ini semakin mantap maju dan jaya, urai Hefriansyah sembari tetap meminta arahan dan masukan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Difi Damanik salah satu ahli waris didampingi St. Irjen Pol Drs. M Wagner Damanik mengatakan, penantian pembangunan tugu ini telah cukup lama, kalau nggak salah tahun 2012 telah dilakukan peletakan pertama, namun gagal, saya hadir waktu itu, dimulainya pembangunan tugu oppung kita hari ini merupakan pencapaian yang luar biasa, sebutnya.

Sementara itu Adiaksa Purba selaku ketua panitia pembangunan melaporkan, pembangunan tugu ini telah lama dinantikan sejak gagasan dirumuskan bersama pada tahun 2012, segala rintangan, perdebatan pendapat dan kesalahpahaman ternyata tidak memudarkan semangat kita untuk mewujudkannya. kata Kepala BPKD Pemko Pematangsiantar ini.

Selain para ahli waris kerajaan Siantar bersama sejumlah tokoh adat juga tampak hadir Wakil Wali Kota Togar Sitorus, SE. MM, Ketua DPRD Marulitua Hutapea SE, Sekda Budi Utari, AP, Ketua MUI Drs.H M Ali Lubis, perwakilan Forkopimda kota pematangsiantar dan lainnya. (Humas Pemko Pematangsiantar).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 2
  Hari ini = 405
  Total = 177015

Ikuti Kami