Deteksi Dini Kanker Serviks Melalui Metode IVA Test di Siantar Martoba

Senin, 27 Agustus 2018

Humas

Berita

Dibaca: 260 kali

Menyikapi bahaya kanker serviks atau juga sering disebut kanker leher rahim yang paling banyak menyerang wanita di Indonesia, pemko Pematangsiantar melakukan deteksi dini melalui metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test di puskesmas Rami kelurahan Sumber Jaya kecamatan Siantar Martoba, acara dihadiri ketua TP-PKK Ny Syahputri hefriansyah, Sabtu (25/8).

IVA test dirangkai dengan penyuluhan tentang bahaya penyakit kanker serviks, pembagian sembako dan bibit pohon, ketua TP-PKK kota Pematangsiantar berpesan kepada seluruh ibu-ibu untuk dapat mengantisipasi penyakit kanker serviks dengan mengikuti program ini.

Gejala awal kanker serviks seringkali tampak samar, sehingga banyak wanita kurang memperhatikan. Tak jarang kanker ini baru diketahui pada stadium lanjut dan penanganan yang dilakukan mungkin sudah terlambat, "untuk itu kaum ibu dapat mendeteksinya melalui metode IVA test di Puskesmas", kata Syahputri.

Sementara Itu ketua TP-PKK kecamatan Siantar Martoba Ny. Ari Sembiring mengajak ibu-ibu di kecamatan Siantar Martoba untuk mensukseskan program IVA Test. "Program ini untuk meningkatkan kesehatan ibu-ibu sekalian", katanya.

Camat Siantar Martoba Arri Sembiring didampingi Istri menuturkan kegiatan ini sudah berlangsung mulai seminggu yang lalu, dan puncaknya hari ini dilakukan di kelurahan Sumber Jaya. Program yang dilaksanakan pemerintah ini sangat penting, "Bapak Wali Kota berharap kiranya melalui IVA test dapat meminimalisir penyakit kanker serviks yang amat berbahaya", kata Arri.

Ia menambahkan selain IVa test acara ini juga dirangkai dengan pemberian sembako dan bibit pohon produktif dengan Jumlah peserta mencapai 400 perwakilan se- kecamatan Siantar Martoba. Kegiatan ini juga didukung PT. IBS melalui tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) kata Arri.

Terlihat hadir ratusan warga yang mengikuti IVA test, sosialisasi dan penyuluhan tentang bahaya penyakit kanker serviks, lurah se-Kecamatan Siantar Martoba, Perwakilan PT. IBS dan lainnya .(Humas Pemko Pematangsiantar).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 4
  Hari ini = 127
  Total = 163689

Ikuti Kami