Rancana Tata Ruang Wilayah Kota Pematangsiantar Tahun 2012-2023 Direvisi

Kamis, 28 Juni 2018

Humas

Berita

Dibaca: 305 kali

Badan perencanaan pembanguan daerah BAPPEDA, gelar rapat konsultasi publik revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) kota Pematangsiantar tahun 2012-2023, rapat dibuka Wali Kota Hefriansyah, SE, MM di ruang serba guna kantor Bappeda Jalan Merdeka, Kamis (28/6).

Dalam arahannya, Wali Kota mengatakan, penyelenggaraan pelayanan publik merupakan upaya dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti barang, jasa dan pelayanan administrasi yang dibutuhkan masyarakat.

Ruang wilayah negera kesatuan negara Republik Indonesia yang merupakan negara kepulauan berciri nusantara, baik sebagai kesatuan wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara termasuk ruang di dalam bumi, maupun sebagai sumber daya.

Perlu ditingkatkan upaya pengelolaannya secara bijaksana, berdaya guna dan berhasil guna dengan berpedoman pada kaidah penataan ruang sehingga kualitas ruang wilayah nasional dapat terjaga keberlanjutannya demi terwujudnya kesejahteraan umum dan keadilan sosial sesuai dengan landasan konstitusional UUD 1945.

Perkembangan pembangunan eksternal kota Pematangsiantar saat ini yang dilakukan pemerintah atasan harus diikuti  dengan penyediaan dan pemamfaatan ruang yang baik, agar perkembangan yang ada dapat diakomodir kedalam kebijakan pemamfaatan ruang kota Pematangsiantar.

Kawasan strategis Danau Toba, pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi-Parapat, pembangunan Kawasan Sei Mangkei, Jalur Kereta api Pematangsiantar-Parapat, pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung, yang kesemuanya akan berdampak kepada meningkatnya perekonomian di kota Pematangsiantar.

Guna mendukung hal tersebut, serta dengan perkembangan yang terjadi sesuai dengan dinamika yang ada maka perlu untuk meninjau kembali tata ruang yang ada, sàsaran yang diharapkan dari revisi dilakukan demi terjadinya keserasian, keharmonisan, penataan ruang dengan perkembangan yang ada, konsultasi publik ini, merupakan penyempurnaan dari konsultasi publik yang telah dilaksanakan sebelumnya, pungkas Wali Kota.

Sementara itu, kepala Bappeda Drs. Midian Sianturi dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan sebagai bahan bagi penyempurnaan Ranperda tentang revisi Perda Kota Pematangsiantar No. 1 Tahun 2013 tentang RTRW Kota Pematangsiantar Tahun 2012 - 2032.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris daerah kota Pematangsiantar Budi Utari, AP dan para Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Akademisi, REI cabang kota Pematangsiantar, PWI, Camat dan Lurah serta menghadirkan narasumber dari Institut Teknologi Medan Dessy Eresina, ST MSc. (Humas/Lod/Ton).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 9
  Hari ini = 263
  Total = 95232

Ikuti Kami