Musrenbang Tingkat Kota Pematangsiantar Digelar

Selasa, 20 Maret 2018

Humas

Berita

Dibaca: 563 kali

Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019 kota Pematangsiantar, merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dalam penyusunannya mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang dimusyawarahkan melalui tahapan rembug warga, musrenbang kelurahan, konsultasi publik, ranwal RKPD, musrenbang kecamatan, forum diskusi perangkat daerah dan hari ini Musrenbang tingkat kota dibuka Walikota Hefriansyah, SE, MM di Hotel Sapadia, Jalan Pangeran Diponegoro, nomor. 21 A, Selasa (20/3).

Dalam sambutannya Walikota mengatakan, musyawarah rencana pembangunan dilaksanakan sebagai bagian dari tahapan proses perencanaan yang dilaksanakan di daerah dalam rangka memenuhi amanat UU no 25 tahun 2004 tentang sistem rencana pembangunan nasional (SPPN), forum ini mempunyai arti yang sangat penting, dimana sebelumnya telah melalui tahap rembug warga, musrenbang kelurahan, konsultasi publik, ranwal RKPD, musrenbang kecamatan, dan forum diskusi perangkat daerah.

Sesuai dengan Pasal 263 ayat 4 UU No 23 tahun 2014, RKPD merupakan penjabaran dari visi dan misi kepala daerah yang telah ditetapkan melalui RPJMD, RKPD menjadi landasan penyusunan kebijakan umum penganggaran (KUA) yang disepakati bersama DPRD guna menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R -APBD).

RKPD memuat arahan untuk peningkatan kinerja pemerintah daerah yang menjadi tanggung jawab kepala OPD dalam melaksanakan tugas, fungsi dan kewajiban yang telah ditetapkan dalam rencana kerja OPD, RKPD juga sebagai alat evaluasi untuk mengukur capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah serta menjaga konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pengendalian dan pengawasan dalam pelaksanaannya.

Walikota menambahkan tujuh prioritas pembangunan tahun 2019 di kota Pematangsiantar, yakni penguatan tata kelola pemerintahan, meningkatkan pemerataan kuantitas, kualitas tenaga pendidik dan sarana pendidikan, peningkatan sarana farmasi dan layanan kesehatan, peningkatan percepatan pembangunan pariwisata, peningkatan produk-produk unggulan daerah, insfrastruktur, serta peningkatan kualitas sarana umum, katanya.

Sebelumnya kepala Bappeda Drs. Midian Sianturi melaporkan tujuan dan keluaran pelaksanaan musrenbang untuk penyelarasan prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi Sumatera Utara, Midian menambahkan, rangkaian kegiatan musrenbang yang telah dilaksanakan diantaranya rembug warga sekota Pematangsiantar, musrenbang kelurahan, konsultasi publik, ranwal RKPD, musrenbang kecamatan, dan forum diskusi perangkat daerah, pungkasnya.

Acara dihadiri Gubernur Sumut diwakili Kepala BPBD Provsu, Dr. Ir. Riadil Akhir lubis, mewakili Danrindam Kasiter Rindam, Mayor Inf Legiman, Dandenpom, Letkol CPM Joko Murtiono, Dandim 02/07 Simalungun, Letkol Inf Robinson Tallupadang, Kapolres diwakili Kabagren kompol Lamen, S.Pd, mewakili ketua DPRD kota Pematangsiantar, Hendra Pardede, ketua TP-PKK Ny. Syahputri Hefriansyah, Wadanki Brimob, Iptu Achmad Fachri, para Asisten dan Pimpinan OPD, Camat dan Lurah, Perbankan serta perangkat kelurahan dan lainnya. (Humas/C2/S2).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 5
  Hari ini = 21
  Total = 155183

Ikuti Kami