GUBSU BUKA PRSU KE 47 TAHUN 2018

Senin, 19 Maret 2018

Humas

Berita

Dibaca: 415 kali

Medan, 19/3 - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI mengapresiasi kerja keras Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi yang meramaikan dan memajukan dunia pariwisata dan investasi selama menjabat. Dari ucapan itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pun ditantang untuk mengusulkan event wisata masuk ke kalender event Nasional tahun depan.

Apresiasi tersebut disampaikan Menpar melalui Staf Ahli Kemenpar RI Bidang Hortikultura Dr Easty Reko Astuti dalam sambutannya pada permbukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-47 tahun 2018, Minggu (18/3) malam.

Turut hadir unsur Forkopimda dan anggota DPRD Sumut, Wakil Timbalan Ketua Kerajaan Pulau Pinang,  Konjen Negara Sahabat dan Konsul Kehormatan, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Evi Diana Erry, Plt. Sekdaprovsu Ibnu S Hutomo dan seluruh jajaran OPD dilingkungan Pemprovsu, Badan Pengawas PRSU, Bupati/Walikota dan Forkopimda se Sumut, Stakeholders baik BUMN, BUMD dan Swasta, Ketua Yayasan PRSU Nuzirwan Lubis, tokoh masyarakat dan ribuan pengunjung yang memadati lokasi sekitar panggung utama.

Mewakili kehadiran Menpar Arief Yahya, disampaikan Easty bahwa pihaknya telah melihat pelaksanaan PRSU yang setiap tahun digelar sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Provsu, merupakan satu dari tiga agenda yang masuk dalam kalender event tingkat Nasional, bersama Pesta Danau Toba dan Festival Yahowu di Kepulauan Nias.

"Kami cukup berbangga dan mengapresiasi, karena PRSU dilakukan setiap tahun. Kalau dihitung, ada 82 event pariwisata di Sumut. Kami berharap tahun depan bisa dibuat lebih banyak lagi. Jadi jika tahun lalu ada 300 ribuan pengunjung, kita berharap kali ini mencapai 400 ribu orang," ujar Easty.

Selain besarnya jumlah pengunjung lanjut Easty, event PRSU diharapkan juga menambah nilai bisnis dalam berlangsung mulai 16 Maret-16 April 2018. Sebab selain pemeritah kabupaten/kota dan Pemprov sendiri, juga diisi oleh berbagai pihak seperti BUMD, BUMN dan ratusan peserta dari perusahaan swasta dan UMKM.

"Jadi Bapak Menteri berharapan setiap minggu ada event digelar di Sumut. Karena aksesibilitas dan amenitas sudah baik, tinggal atraksi yang perlu diperbanyak lagi. Karena itu, sekarang ada 100 perusahaan bekerjasama dengan kementerian kita, diharapkan juga pemerintah daerah bisa mengambil potensi itu," katanya.

Sementara dalam sambutannya, Gubsu HT Erry Nuradi menyampaikan bahwa dalam event PRSU tahun ini, seluruh kepala daerah atau wakil kepala daerah 33 kabupaten/kota yang menghadiri event tahunan kebanggaan masyarakat Sumut ini. Apalagi kali ini, Pemprovsu menjadi tuan rumah langsung penyelenggaraan pesta rakyat Sumut tersebut.

"Tentu kita bersyukur, sudah 47 kali event ini digelar setiap tahun berkesinambungan dan menjadi satu dari 100 event pariwisata Nasional di Indonesia. Karena selain ini, kami juga masih banyak event lain di Sumut yang bisa masuk kalender event Nasional," ujar Gubernur.

PRSU sebagai miniatur Sumut lanjut Gubernur, merupakan wujud partisipasi dan kreasi bersama seluruh pihak terkait yang telah disumbangkan guna mengubah nuansa dan wajah daerah, serta meyakinkan semua orang bahwa penyelenggaraan pekan raya ini semakin baik dari tahun ke tahun. Dengan menampilkan produk unggulan dan potensi daerah masing-masing sekaligus sebagai hiburan rakyat Sumut. Selain itu, kabupaten/kota juga berkesempatan menginformasikan daerah serta seni budayanya masing-masing.

"Terimakasih kepada 33 kabupaten/kota yang mengikuti PRSU. Bahkan tahun ini Nias Utara dan Gunung Sitoli hadir (punya paviliun), dan saya berharap Nias Barat segera mendirikan paviliunnya.

Disampaikan Gubernur, jika Kemenpar meluncurkan 100 event pariwisata, maka pihaknya juga meluncurkan 100 destinasi pariwisata di Sumut. Karena itu, dirinya mendorong agar dari 82 event wisata di provinsi ini bisa masuk kalender event Nasional dengan pelaksanaan yang berkesinambungan baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Gubernur juga mengungkapkan bahwa nuansa berbeda kali ini ditunjukkan dengan persiapan PRSU dari Yayasan menuju Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sehingga nantinya diagendakan untuk buka setiap hari sepanjang tahun dengan konsep kegiatan menarik dan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dan turis mancanegara dalam memperoleh informasi potensi pariwisata di 33 kabupaten/kota. "Kami harapkan kepada pemerintah kabupaten/kota membuka program open daily atau buka setiap hari melalui APBD masing-masing," pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, Gubernur bersama 33 kepala daerah/wakil kepala daerah se-Sumut membuka secara resmi event tahunan ini sekaligus meresmikan dua paviliun yang baru bersama yakni paviliun Gunung Sitoli dan Nias Utara. Setelah itu Gubsu dan rombongan langsung mengunjungi paviliun milik pemerintah daerah, disambut tarian, musik dan tampilan kekayaan adat budaya yang menjadi ciri khas daerah masing-masing.

sumber ( http://www.sumutprov.go.id/berita-lainnya/2416-gubsu-buka-prsu-ke-47-tahun-2018 )

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 6
  Hari ini = 436
  Total = 121505

Ikuti Kami