Dinkes dan Persagi Gelar Konseling Giji Ibu Hamil

Kamis, 25 Januari 2018

Humas

Berita

Dibaca: 840 kali

Ronal: "Bagi ibu hamil yang akan bersalin, tidak mempunyai kartu jaminan kesehatan agar mendaftarkan diri ke puskesmas".

Dalam rangka Hari Gizi Nasional yang ke-58 yang jatuh pada hari ini tanggal 25 januari 2018, dengan tema "Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi", Dinas Kesehatan kota Pematangsiantar bersama DPC Persagi (Perastuan Ahli Gizi Indonesia) laksanakan konseling gizi bagi ibu hamil serta memberikan pelayanan Jampersal kepada masyarakat yang tidak mampu dan tidak mempunyai kartu jaminan kesehatan, di Puskesmas Kartini, jalan Dahlia, Kamis (25/1).

Dalam pelaksanaan konseling gizi bagi ibu hamil, dr. Ronal menerangkan, bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi untuk menyelamatkan 1000 hari pertama kehidupan yang bertujuan untuk mencegah balita stunting (Pendek) prevalensi kekurangan gizi khusunya stunting dan kekurangan gizi mikro lainnya masih sangat tinggi, sementara gizi lebih juga meningkat, faktor kekurangan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan, pengetahuan pola asuh dan ekonomi merupakan faktor utama penyebab stunting dan masalah gizi lainnya, katanya.

Selanjutnya, Ronal menjelaskan, kegiatan ini sesuai dengan program Kementerian Kesehatan dan DPP Persagi dalanm rangka hari gizi nasional ke 58 tahun 2018 dengan mengadakan pekan konseling gizi dari tanggal 25 - 31 januari 2018 di seluruh indonesia,

Sebagai konsultan penyuluhan adalah seluruh ahli gizi yang bertugas di Puskesmas yang ada di Kota Pematangsiantar dan RSUD Dr, Djasamen Saragih, kegiatan konseling laksanakan di 5 Puskesmas yaitu Puskesmas Kartini, Puskermas Kesatria, Puskesmas Karo, Puskesmas Parsoburan dan Puskesmas Tomuan.

Dalam kesempatan itu dr. Ronald Saragih, M.Kes menegaskan bagi ibu hamil yang tidak mampu, dan belum mempunyai kartu jaminan kesehatan, agar segera mendaftarkan diri untuk memperoleh Jampersal di Puskesmas terdekat dan tidak di kenakan biaya, adapun pelayanan yang diberikan oleh Jampersal yaitu pertolongan persalinan normal dan KB pasca persalinan, pungkasnya. (Humas/C1).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 13
  Hari ini = 447
  Total = 166505

Ikuti Kami