Apel Gelar Pasukan Oprasi Lilin Toba 2017 Tingkatkan Sinergi Lintas Instansi

Kamis, 21 Desember 2017

Humas

Berita

Dibaca: 632 kali

Untuk menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru 2018, khususnya ditempat-tempat ibadah, jalan-jalan perlintasan arus mudik dan arus balik, objek wisata, pusat perbelanjaan serta fasilitas transportasi, Polres bersama pemerintah kota Pematangsiantar dan instansi terkait melaksanakan apel gelar pasukan Oprasi Lilin Toba 2017 di lapangan Haji Adammalik, kamis pagi (21/12).

Dalam apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres AKBP Doddy Hermawan, S.Ik setelah membacakan sambutan tertulis Kapolri juga menerangkan, Polres Pematangsiantar mengerahkan 400 personil gabungan TNI, Polri, Pemerintah kota, instansi terkait lainnya yang akan ditempatkan di 5 pos pengamanan (Pospam), kegiatan oprasi lilin toba 2017 dilaksanakan selama sepuluh hari terhitung mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 01 Januari 2018.

Sementara itu Plt. Sekda Drs. Resman Panjaitan yang hadir mewakili Walikota usai melaksanakan apel mengatakan, "kami mengimbau kepada semua masyarakat Kota Pematangsiantar agar sama-sama menjaga suasana aman, nyaman dan kondusif selama pelaksanaan perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru 2018, segera melaporkan bila melihat tindakan-tindakan yang mencurigakan kepada pihak keamanan, tandasnya".

Plt. Sekda juga menerangkan bahwa kota Pematangsiantar adalah kota paling toleran di Indonesia, untuk itu mari kita tingkatkan sinergi lintas instansi untuk jaga kekondusifan dan kekompakan serta kebersamaan yang selama ini kita bangun, sehingga kota ini menjadi lebih mantap, maju dan jaya, katanya.

Amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Pematangsiantar antara lain dijelaskan, Operasi Lilin 2017 mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum, operasi ini melibatkan 170.304 personel yang terdiri atas 90.057 personil Polri, 20.070 personil TNI dan 60.177 personel dari instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya.

Personel gabungan hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru, khususnya ditempat-tempat ibadah, jalan-jalan perlintasan arus mudik dan arus balik, objek wisata, pusat perbelanjaan serta fasilitas transportasi, diseluruh tempat-tempat tersebut dibangun 1.609 pos pengamanan dan 643 pos pelayanan yang tergelar diseluruh Indonesia.

Tolak ukur keberhasilan Operasi Lilin 2017 ini ditandai dengan terwujudnya kamseltibcar lantas, menurunnya angka kejahatan, tersedianya kebutuhan dan stabilitas harga bahan pokok serta tertanggulanginya dampak bencana alam, penekanan kepada seluruh personel yang bertugas, menentukan potensi kerawanan wilayah dan tentukan cara bertindak yang tepat melalui rencana operasi.

Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional, lakukan pendekatan dengan elemen masyakat guna mencegah terjadinya aksi swepping oleh Ormas, optimalkan penggelaran anggota ditengah masyarakat, lakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lantas guna mengurai dan mengurangi kemacetan dan laka lantas, maksimalkan peran Satgas Pangan dimasing-masing daerah serta perkuat sinergitas polisional dengan seluruh stakeholders untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Untuk itu “Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan Operasi Lilin 2017, semoga pengabdian dan kerja keras yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat”, kata Kapolri dalam amanat Operasi Lilin 2017 yang dibacakan Kapolres Pematangsiantar. (Humas/C1)

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR




ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 2
  Hari ini = 44
  Total = 83817

Ikuti Kami