Tingkatkan Kemampuan MC dan Keprotokolan Pemerintah Kota Gelar Pelatihan

Kamis, 14 Desember 2017

Humas

Berita

Dibaca: 313 kali

Keprotokolan adalah serangkaian aturan dalam acara kenegaraaan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan, sehubungan dengan penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan atau kedudukannya dalam negara, pemerintah atau masyarakat. Pelatihan yang digelar bagian humas dan protokoler selama dua hari dibuka secara resmi oleh Walikota Hefriansyah, SE, MM di Siantar Hotel, kamis (14/12).

Dapat dikatakan bahwa protokol berisi pedoman atau tata cara kegiatan dan semua hal yang mengatur pelaksanaan kegiatan resmi disebut protokoler. Dengan adanya pedoman atau tata cara tersebut, dapat ikut menentukan terciptanya suasana yang mempengaruhi keberhasilan suatu acara, menciptakan tata pergaulan yang mendekatkan satu sama lain, terselenggaranya upacara yang khidmat, tertib, teratur, ungkap Walikota dalam sambutannya.

Selanjutnya Walikota menambahkan, MC dan Protokol merupakan dua hal yang yang berbeda, namun ada keterkaitan. Peran MC sangat penting, karena akan menentukan kelancaran dan keberhasilan suatu acara. Oleh karena itu, seseorang yang ditugaskan menjadi MC harus memiliki ketrampilan berbicara di depan umum dan tidak memiliki hambatan yang mengganggu kelancaran berbicara.

Setiap bagian yang menjalankan tugas-tugas keprotokolan dan MC, haruslah berpedoman pada landasan hukum yang sudah diatur sebelumnya. Oleh karena itu seluruh OPD melalui Bagian Humas dan Protokoler haruslah menguasai hal-hal yang berkaitan dengan keprotokolan dan MC, demi mendukung tugas strategis, untuk itu saya mengapresiasi pelatihan ini.

Dalam laporan yang dibacakan kepala bagian humas dan protokoler Gilbert Ambarita, SH menjelaskan tujuan pelatihan ini untuk memberikan pedoman penyelenggaraan suatu acara/kegiatan resmi di setiap OPD yang menghadirkan Walikota, Wakil Walikota dan FORKOPIMDA agar dapat berjalan tertib, rapi, lancar dan teratur sesuai dengan ketentuan dan kebiasaan yang berlaku.

Menciptakan hubungan baik dalam tata pergaulan antar instansi vertikal, BUMN, BUMD dilingkungan pemerintah kota demi mewujudkan Pematangsiantar yang mantab maju dan jaya, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada hari kamis dan ditutup pada hari Jum’at, tanggal 14 - 15 Desember 2017.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari biro administrasi pimpinan sekretarian jendral Kemendagri antara lain, Afrijal Dahrin Dj, S.STP, M.Si kasubbag penyiapan materi, Benny Cahyadie, S.STP, M.Si kasubbag acara bagian protokol, serta dari biro humas dan protokoler setda Provsu Putri Mia Adiba, dengan moderator Jalatua Hasugian, S.Pd. (Humas Pemko Pematangsiantar)

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 7
  Hari ini = 218
  Total = 65633

Ikuti Kami