Lindungi Karyawan Melalui BPJS Ketenagakerjaan

Minggu, 19 November 2017

Humas

Berita

Dibaca: 210 kali

Badan penyelengaran jaminan sosial (BPJS) ketenagakerjaan berikan santunan dan sosialisasi serta mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya para tenaga kerja melalui senam bersama di lapangan gedung olah raga (GOR) Jalan Merdeka, Minggu pagi (19/11).

Sekitar 500 peserta yang mengikuti kegiatan ini dari berbagai perusahaan dan seluruh pegawai BPJS Ketenagakerjaan cabang Pematangsiantar, senam pekerja bersama BPJS Ketenagakerjaan ini dihadiri Walikota diwakili asisten I bidang pemerintahan dan kesra Leonardo Simanjuntak,SH.M.Hum dirangkai dengan penyerahan santunan yang diterima oleh ahli waris masing-masing, panitia juga menyediakan hadiah lucky draw kepada peserta dan juga pemberian bingkisan saat goyang bersama.

Deputi direktur wilayah Sumatara Utara Umarudin Lubis didampingi Kacab Pematangsiantar Nurmansyah menerangkan, bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki jenis program yakni Jaminan kecelakaan kerja, kecelakaan kerja termasuk penyakit akibat kerja merupkan resiko yang harus dihadapi oleh tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya, kemudian jaminan kematian, jaminan ini diperuntukkan bagi ahli waris dari peserta program BPJS ketenagakerjaan yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja.

BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program jaminan hari tua JHT) program jaminan sosial ini merupakan program perlindungan yang bersifat dasar bagi tenaga kerja yang bertujuan untuk menjamin adanya keamanan dan kepastian terhadap resiko-resiko sosial ekonomi.

“Yang bisa mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan ini bukan hanya tenaga kerja di perusahaan (penerima upah), tapi yang bukan penerima upah juga bisa mendaftar sebagai peserta seperti pelaku UKM, para supir dan pekerja lainnya,” ujar Umarudin Lubis.

Penerima santunan dari BPJS ketenagakerjaan pada kesempatan itu adalah, Porman Sinaga ahli waris dari Alm Jabangkit Simbolon yang merupakan mantan karyawan BPR Bumi Asih NBP 8, santunan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua yang diserahkan sebesar Rp 130.633.950,- kemudian santunan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua karyawan PTPN IV Unit Kebun Bah Jambi sebesar Rp 56.461.450,- yang diterima ahli waris dari Alm Maria Pulungan.

Selanjutnya santunan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua karyawan PT Brigstone sebesar Rp 45.996.000 diterima oleh Sukesih ahli waris dari Alm Alfian Damanik, santunan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua karyawan Wongso Pawiro sebesar Rp 222.241.950,- diterima Helleria Lumbantobing ahli waris dari Alm Togu Sitompul, yang terakhir santunan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua karyawan PTPN IV Unit Kebun Gunung bayu sebesar Rp 105.101.670,- diterima oleh Emilia Siregar ahli waris Alm Wahyu Saputra.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra dalam sambutan Walikota yang dibacakannya mengatakan mendukung program yang dilaksanakan BPJS Ketenagakerjaan, menurutnya BPJS Ketenagakerjaan perlu membuat kegiatan dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat agar lebih mengetahui apa saja program-programnya.

“Terkadang orang menyebutkan BPJS adalah Kesehatan, padahal ada juga BPJS Ketenagakerjaan, Nah ini yang perlu disampaikan kemasyarakat supaya tidak salah pengertian, kegiatan senam bersama ini sangat bagus, tapi kalau bisa sering-seringlah diadakan,” terangnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Poltak Manurung pada kesempatan itu mengatakan, dengan adanya program BPJS ketenagakerjaan para pekerja dapat dilidungi “Bersyukurlah bila perusahaan mendaftarkan karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan, masih banyak perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya, nutuk itu kita himbau supaya seluruh perusahaan segera mendaftarkan tenaga kerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya. (Humas/C1)

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 1
  Hari ini = 3
  Total = 45573

Ikuti Kami