BPBD Gelar Latgab Penanggulangan Bencana Bersama TNI POLRI

Senin, 13 November 2017

Humas

Berita

Dibaca: 142 kali

Untuk meningkatkan pengetahuan sikap dan profesionalisme dalam memanajemeni tanggap darurat bencana dan meningkatkan kerjasama yang lebih konkrit oleh seluruh pemangku kepentingan pada saat pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana, BPBD kota Pematangsiantar gelar pelatihan penanggulangan bencana di ikuti 100 personil terdiri dari unsur TNI, POLRI, OPD terkait, pihak industri dan masyarkat selama tiga hari di Patrajasa Parapat, Senin (13/11).

Pelatihan yang dibuka Walikota Hefriansyah, SE, MM diwakili kepala pelaksana BPBD Drs. Daniel Siregar di laksanakan di kawasan danau toba selama tiga hari dimulai senin 13 sampai 15 november 2017 mendatang mencakup kegiatan simulasi dan prektek langsung, agar peserta mampu mengaplikasikan dengan situasi bencana yang sebenarnya, kegiatan ini diharapkan dapat membentuk dan meningkatkan silaturrahmi serta semangat kemanusiaan.

Sambutan tertulis Walikota yang dibacakan kalak BPBD menjelaskan, bahwa bencana merupakan kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak, tetapi perlu diwaspadai, karena segala bentuk bencana selalu terjadi tiba-tiba, "untuk itu diperlukan kesiap-siagaan pemerintah dan masyarakat dalam mengantisipasi bencana, agar dapat ditangani secara tepat," katanya.

Upaya penanganan bencana merupakan amanah dari Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, yang bertujuan memberikan perlindungan ke masyarakat, terjaminnya penanggulangan bencana secara terencana, mendorong semangat gotong-royong dan menciptakan kedamaian bagi masyarakat, "berdasarkan kejadian di kota Pematangsiantar sering terjadi banjir, angin puting beliung untuk itu BPBD harus cepat mengatasi," tegasnya.

Para peserta pelatihan untuk serius dan semangat mengikuti pelatihan ini sampai selesai, sehingga pengetahuan dan keterampilan dibidang penanggulangan bencana dapat diserap dengan baik.

Sebelumnya, ketua panitia Drs. Ali Hasan Siregar melaporkan, adapun tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap profesionalisme dalam managemen tanggap darurat bencana, juga untuk meningkatkan kerjasama yang lebih konkrit oleh seluruh pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana alam.

Peserta pelatihan terdiri dari berbagai instansi terkait, seperti Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar), Perangkat Kecamatan, masyarakat, Ormas serta perwakilan dari rumah ibadah dan lainnya,

Pada pelatihan kali ini menghadirkan narasumber dari BPBD Provinsi Sumatera Utara yang diwakili kabid pencegahan dan kesiapsiagaan Drs. Kamaruddin Hutasuhut, kepala BMKG wilayah I Medan Edison Kurniawan, S.Si. M.Si, kordinator SAR Pos Parapat Torang Hutahaean, S.Si, dengan para instruktur dari Brimob Subden II-B Pematangsiantar Bripka Erwin Yulianto, Bripka Iskandar Panjaitan, Bripka Fernando Simbolon. (Humas/C1/S1).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 2
  Hari ini = 33
  Total = 44340

Ikuti Kami