Bus Damri Rute Pematangsiantar Parapat Silangit Dilaunching

Selasa, 07 November 2017

Humas

Berita

Dibaca: 313 kali

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Kepala Dinas Perhubungan Anthony Siahaan melaunching angkutan pemadu moda Damri rute stasiun kereta api Kota Pematansiantar Jalan WR Supratman, Parapat, dan Bandara Silangit. Acara ini dihadiri Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah didampingi Kadishub Esron Sinaga, Kepala Dirve kereta api Sumut Aslikan, Perum Damri Muhiddin, dan Kadishub Simalungun, Senin (6/11).
 
Walikota Hefriansyah, SE, MM menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pengembangan kawasan Danau Toba. Ia juga menerangkan, berbagai permasalahan pelayanan angkutan umum yang dihadapi saat ini antara lain soal waktu jarak tempuh perjalanan disebabkan berbagai hal. "Dengan pengoperasian bus pemadu moda yang dikelola oleh Perum Damri diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antara moda transportasi baik di kota Pematangsiantar maupun dari dan menuju Kota Pematangsiantar sehingga pelayanan masyarakat pengguna jasa angkutan umum menjadi semakin baik" katanya.
 
Sementara itu, Direktur Badan Otorita Danau Toba (BODT) Ari mengatakan pihaknya terus berupaya menyatukan visi dari semua pihak yang berkompeten sehingga rencana peningkatan jumlah pengunjung di Danau Toba dapat meningkat. Ari mengaku saat ini sedang diupayakan agar dari negara lain membuka rute penerbangan internasional dan hal itu dipercaya meningkatkan pengunjung kawasan Danau Toba. "Informasinya akan ada penerbangan dari Cina ke Silangit dan negara lainnya, mudah-mudahan tahun 2018 ini dapat terealisasi. Saat ini bandara Silangit sudah dibuka ke Singapore" jelasnya.
 
Ari mendorong agar pihak Kereta Api dapat mensiasati agar jarak tempuh tidak melewati 2 jam sehingga pengunjung dapat ke Danau Toba datang dan pulang di hari yang sama khususnya bagi instansi yang akan melakukan rapat di kawasan tersebut. Dan pihak Pemko Pematangsiantar diharapkan mampu berinovasi khususnya dibidang kuliner agar minat wisatawan bisa bergairah beraktifitas di kota ini. Ari mengutarakan bahwa kuliner di kota ini terkenal mendunia sesuai dengan pengalaman tamu dari luar negeri. 
 
Pimpinan Divre Kereta Api Sumut, Aslikan mengatakan pihaknya akan menambah rute perjalanan kereta api dari satu kali menjadi tiga kali. Saat ini juga sedang dipersiapkan kereta api cepat dan diharapkan di pertengahan bulan Nevember dapat dioperasikan. “Ini untuk mendukung kawasan wisata Danau Toba. Intinya kita akan mensinergitaskan semuannya. Rute kita kedepan akan menjadi tambah dua kali,” ucapnya.
 
Pria yang pernah menjadi Pj Walikota Pematangsiantar juga menerangkan, sejauh ini Perhubungan Provinsi menyediakan sekitar 2-3 unit bus dan nantinya akan ditambahkan sesuai dengan permintaan kebutuhan. Tidak menutup kemungkinan angkutan umum lainnya bisa mengangkut penumpang dari kawasan Stasiun Kereta Api menuju Parapat dan Bandara Silangit. 
 
Trayek baru ini tidak menjadi masalah dengan angkutan umum lainnya. Sebab, tidak mungkin ada yang naik Damri dengan ongkos yang lebih tinggi. Anthony Siahaan menegaskan Damri tersebut tidak dibenarkan untuk mengangkut penumpang ditengah jalan selain dari Stasiun Kereta Api-Parapat hingga Bandara Silangit. (Humas/C1).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 1
  Hari ini = 28
  Total = 47824

Ikuti Kami