Ditjen Bina Adwil Kemendagri Hadiri Pelatihan Personil Damkar Pematangsiantar

Selasa, 17 Oktober 2017

Humas

Berita

Dibaca: 550 kali

Acara pembukaan pelatihan personil pemadam kebakaran (Damkar) dibawah satuan polisi pamong praja Satpol PP kota Pematangsiantar dibuka Walikota Hefriansyah, SE, MM dihadiri, direktur MPBK dari Ditjen Bina Adwil Kemendagri Drs. Dailami Elvius, MSi, didampingi Purno Laksito, acara pembukaan berlangsung di ruang data jl Merdeka no.6 selasa, (17/10).

Guna meningkatkan, pengetahuan dan ketrampilan serta kecerdasan dalam penanganan bencana kebakaran sebanyak 20 orang personil bidang kebakaran satuan polisi pamong praja kota Pematangsiantar dilatih.

Walikota dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan pemadam I merupakan bentuk nyata tindakan pemerintah kota dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat terhadap bahaya kebakaran yang dapat merugikan, baik secara moril maupun materil dengan cara melakukan meningkatkan kualitas personil melalui wadah pelatihan.

Dalam melakukan tugasnya pemadam kebakaran melakukan penyelamatan jiwa serta harta benda masyarakat saat terjadi kebakaran maupun bencana lainnya.Pemadam kebakaran kota Pematangsiantar siap melayani panggilan masyarakat untuk melakukan pertolongan keselamatan, seperti kasus jatuh dari jembatan, orang terjebak di lift, terserang tawon, penyemprotan jalan dan parit, dan akibat bencana lainnya.

Petugas damkar hadir memberikan layanan saat terjadi kebakaran dengan merealisasikan tugas pokok dan fungsi yang dikenal dengan panca dharma yaitu pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat, penanganan kebakaran bahan berbahaya dan beracun.

Disamping tugas pokok tersebut, petugas damkar wajib siap siaga 24 jam tidak mengenal hari libur dan siap memadamkan kebakaran dengan motto "pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya".

Diakhir sambutannya Walikota berpesan kepada seluruh personil yang mengikuti pelatihan agar bersungguh sungguh, "saya berharap kepada seluruh satuan tugas pemdam agar selalu siap siaga, jangan lengah, harus sigap, cepat dan cerdas menghadapi kebakaran" katanya mengakhiri.

Sebelumnya Kasatpol PP Drs. Robert Samosir melalui kabid kebakaran Drs. Josua Sihaloho melaporkan kegiatan pelatihan akan berlangsung selama 5 hari dimulai selasa tanggal 17 hingga 21 oktober 2017 di tiga lokasi praktek yaitu di hotel Alekxander jalan seribudok, lapangan Farel Pasaribu dan lapangan Brimob.

Dengan menghadirkan instruktur dari pusdiklat ciracas dan narasumber dari kemendagri, tenaga instruktur Ardes Rahmad dari Dinas Kebakaran kab Bandung, Ronald Pasaribu dari dinas pemadam kebakaran DKI dan Wahyu wibisono dari dinas kebakaran dan penanggulangan bencana Purwakarta, hadir juga para pimpinan OPD, Camat, PMI. (Humas/C1/S2).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 1
  Hari ini = 11
  Total = 47933

Ikuti Kami