BPBD Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Satgas, Hadapi Situasi Darurat

Selasa, 03 Oktober 2017

Humas

Berita

Dibaca: 258 kali

Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) pemko Pematangisantar menggelar pelatihan ketrampilan satuan tugas untuk meningkatkan kemampuan dan kesiap siagaan dalam menghadapi situasi darurat akibat bencana, acara pembukaan berlangsung di Simalungun room Siantar hotel, selasa (3/10).

Plt Sekda Drs Resman Panjaitan saat membuka kegiatan pelatihan mengatakan, bencana merupakan kejadian yang tidak diinginkan, maka untuk itu perlu diwaspadai, karena bencana selalu terjadi tiba-tiba dan tidak dapat diduga. "Menyikapi hal tersebut pemko melalui BPBD terus mengupayakan peningkatan kemampuan satgas dalam meminimalisir segala dampak yang terjadi akibat bencana" , katanya.

Menurut plt Sekda, pelatihan ini merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta bekerjasama dalam tim untuk penanggulangan situasi darurat saat bencana terjadi, pelatihan satgas diharapkan mampu menciptakan satgas yang tangkas, tanggap dan tangguh. "Kepada seluruh peserta agar serius dan semangat mengikuti pelatihan sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat menjadi penunjang kelancaran pencegahan dan kesiap siagaan pra bencana, tanggap bencana dan pasca bencana", ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Plt Sekda mengharapkan kepada kepala pelaksana BPBD untuk terus melakukan sosialisasi dan pemberdayaan lingkungan kepada masyarakat sehingga memiliki tanggung jawab dalam hal penanggulangan bencana.

Sesuai dengan permendagri Nomor 46 Tahun 2008 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pasal 3 ayat 2) bahwa BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten/Kota dipimpin Kepala Badan secara Ex-Officio dijabat oleh Sekretaris Daerah.

Sebelumnya kalak BPBD melalui kabid kesiapsiagaan bencana Amar H Daulay melaporkan, peserta pelatihan diikuti sebanyak 15 orang berasal dari personil satgas, yang dilatih oleh instruktur Bripka Erwin Yulianto (Batih Subden 2/B) dan Bripka Iskandar Z Panjaitan (Batih Subden 2/B), dijadwalkan acara akan berlangsung selama 5 (lima) hari dari tanggal 3 s/d 7 Oktober 2017, tampak

hadir kepala pelaksana BPBD Drs Daniel H Siregar, Wadanki Brimob Subden 2B Poldasu yang bermarkas di kota Pematangsiantar Iptu Fahri, para pejabat dilingkungan BPBD. (humas C1/S2).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 1
  Hari ini = 37
  Total = 39337

Ikuti Kami