Nyonya Syahputri Hefriansyah Dilantik Sebagai Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kota Pematangsiantar

Jumat, 22 September 2017

Humas

Berita

Dibaca: 853 kali

Setelah dilantiknya Hefriansyah sebagai Walikota oleh Gubernur Tengku Erry Nuradi pada tanggal 10 Agustus 2017 yang lalu, menyusul ketua tim penggerak PKK Provsu Ny. H. Evi Diana Erry Nuradi melantik Syahputri boru Hutabarat sebagai ketua tim penggerak PKK dan sekaligus sebagai ketua Dekranasda kota Pematangsiantar yang sebelumnya bersetatus pelaksana tugas, pelantikan dan pengukuhan dilaksanakan di rumah dinas Walikota jalan MH Sitorus, Jumat (22/9).

Dalam sambutan Ny H Evi Diana Erry Nuradi mengatakan, selamat kepada ketua tim penggerak PKK sekaligus ketua Dekranasda kota Pematangsiantar yang baru dilantik semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, sukses dalam melaksanakan tugas dalam gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga serta peran Dekranasda terhadap pengrajin di masa mendatang.

Demikian juga dengan saudara Walikota selaku pembina TP PKK kota agar lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap gerakan PKK di daerah ini secara sungguh-sungguh, karena TP PKK adalah mitra terdekat dengan pemerintah di berbagai jenjang pemerintahan baik tingkat pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota bahkan sampai di kecamatan dan kelurahan karena gerakan PKK merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan dan pemberdayaan masyarakat atau keluarga.

Dewan kerajinan Nasional (Dekranas) yang merupakan wadah berhimpunnya segenap pemangku kepentingan seni kerajinan di Indonesia. terbentuknya dekranas bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa serta pembinaan penemuan dan penggunaan teknologi baru, menajamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni pemerhati kerajinan bagi kehidupan sehari-hari sebagai warga Indonesia.

Untuk memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengrajin dengan mendorong semangat kewirausahaan mereka, berarti turut juga meningkatkan kualitas dan kreativitas pengrajin dalam rangka meningkatkan daya saing produk-produk industri kerajinan dari luar negeri, kita harus tetap mempromosikan produk hasil kerajinan dalam rangka perluasan pasar dalam negeri dan luar negeri melalui kegiatan pameran-pameran, terlebih lagi pada tahun 2018 yang akan datang. Provinsi Sumatera Utara telah dihunjuk oleh badan asosiasi eksportir dan produsen handicraft Indonesia (ASEPHI) menjadi icon INACRAFT ke 20 tahun 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, ungkapnya.

Walikota Hefriansyah, SE. MM, dalam arahannya menegaskan peran TP PKK adalah sebagai organisator, motivator, inovator, katalisator, kominikator dan dinamisator. Selain itu prioritas program yang perlu diperhatikan antara lain, untuk menunjang pelaksanaan 10 program PKK agar terus digalang kemitraan dengan lembaga lain dunia usaha serta berbagai sektor terus ditingkatkan, perhatian utama untuk sistem informasi manajemen PKK yang merupakan tujuan keberhasilan pelaksanaan 10 program pokok PKK, mengembangkan kegiatan dan mengupayakan pos yandu model sebagai percontohan di setiap lingkungan kelurahan agar dapat menekan angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan kesehatannya, sosialisasikan dan gerakkan keluarga sadar gizi (KADARZI) agar masyarakat paham tentang gizi secara mandiri, pendidikan anak usia dini terus dikembangkan dan perhatikan dalam pendiriannya dengan memperhatikan tempat yang layak dan aman, guru pembimbing/pendidik yang menmadai.

Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) merupakan lembaga independen dan nirlaba bermitra dengan pemerintah daerah dalam membina pengembangan seni kerajinan yang berbasis pada warisan budaya bangsa dari perwujudan keaneka ragaman etnis yang ada. Dekranasda bekerjasama dengan dinas koperasi usaha kecil menegah dan perdagangan kota Pematangsiantar melakukan pembinaan dan pengembangan dengan cara pelatihan dan bimbingan teknis agar para pelaku usaha industri kerajinan dapat meningkatkan seni kerajinan sebagai warisan budaya bangsa. Peran serta dekranasda sangat diharapkan dukungannya dalam meningkatkan harkat, martabat dan kesejahteraan pengrajin serta menjembatani komunikasi dengan pemerintah.

Ny. Syahputri Hefriansyah mengakui, tugas dan amanah yang dititipkan kepadanya  dalam menjalankan tugas PKK dan Dekranas, tidak akan dapat dijalankan sendiri tanpa dukungan dari Walikota selaku ketua pembina serta semua pimpinan OPD pemko Pematangsiantar.

Di samping itu Syahputri juga berharap kepada seluruh anggota TP PKK dan Dekranasda Kota Pematangsiantar, Ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan dapat membantu dirinya dalam melaksanakan tugas-tugas PKK dan Dekranasda kedepan. Termasuk, seluruh pimpinan OPD juga diminta bantuan dan dukungannya dalam berbagai program.

Untuk itu, semoga kegiatan yang akan kita laksanakan nanti dapat segera terwujud, melalui penerapan kegiatan 10 program pokok PKK, serta dapat lebih sehat dan sejahtera, termasuk dalam mendukung program privat pemerintah kota sesuai dengan motonya "Sapangambei Manoktok Hitei" sehingga dapat mewujudkan visi dan misi Walikota Pematangsiantar, untuk menjadikan Kota yang lebih Mantap, Maju dan Jaya,” harap Syahputri.

Tampak hadir Kapolres Pematangsiantar AKBP doddy Hermawan, S.Ik beserta Ibu, Kajari Ferziansyah Sesunan, SH, MH, kakan kemenag Drs. H. Abdurahman Harahap, MA, Ketua TP PKK Provsu. Ny. H. Evi Diana Erry Nuradi, mewakili Gubernur Sumut Ir. H. Aspan Sofian, MM. Staf Ahli, para asiaten, para pimpinan OPD beserta PKK kecamatan dan kelurahan se kota Pematangsiantar. (Humas Pemko Pematangsiantar)

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 1
  Hari ini = 3
  Total = 45573

Ikuti Kami