PDAM Tirtauli Optimis Capai Program Nasional 100% Akses Aman Air Bersih Kota Pematangsiantar Tahun 2019

Selasa, 05 September 2017

Humas

Berita

Dibaca: 473 kali

PDAM Tirtauli optimis tercapainya Program Nasional 100% akses aman air bersih di kota Pematangsiantar pada tahun 2019, dengan program antara lain memberikan subsidi biaya sambungan instalasi baru, pemasangan jaringan perpipaan distribusi /tersier di daerah yang belum terjangkau jaringan perpipaaan dan optimalisasi pipa distribusi. Demikian paparan dirut PDAM Tirtauli kota Pematangsiantar, H. Badri Kalimantan, SE. MM dihadapan Walikota Hefriansyah, SE, MM pada performance and achievment (kinerja dan prestasi) dewan pengawas bersama PDAM, selasa pagi (5/9/2017) di ruang rapat PDAM Tirtauli, Jalan Porsea.

Dalam paparannya Badri Kalimantan mengatakan, penambahan sambungan instalasi baru sebanyak 3.000 SR, pemetaan jaringan perpipaan berbasis Quantum Geografis Informasi Sistem (Q-GIS), pembayaran rekening air pelanggan on-line, penggantian dan pemasangan pipa transmisi/distribusi dengan sumber pendanaan Kementerian PUPR: Ø 400 lokasi jalan Saribudolok sepanjang 6.138 Meter (penggantian pipa) Ø 300 lokasi jalan Nagahuta s/d Jl. S M Raja depan dinas sosial sepanjang 4.170 meter (pembangunan jaringan baru) Ø 150 lokasi jalan Pdt. J Wismar Saragih di depan dinas kebersihan s/d Jl. Darussalam terminal baru Tanjung Pinggir sepanjang 3.210 meter (pembangunan jaringan baru).

Kendala yang dihadapi ada beberapa aspek seperti pendapatan usaha dari tahun 2016 dibandingkan pendapatan usaha tahun 2015 menurun, hal ini disebabkan pelanggan potensial PDAM beralih menggunakan sumur bor, aspek teknis pembiayaan penggantian jaringan perpipaan, serta sistem data base jaringan perpipaan dan accesories, masih tingginya tingkat kehilangan air (29,31) dan aspek sumber daya manusia rasio jumlah pegawai terhadap pelanggan (6,05), ungkap Badri Kalimantan

Dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan air minum kepada pelanggan di wilayah kota Pematangsiantar dan kabupaten Simalungun yang merupakan daerah sasaran pelayanan dan pencapaian program pemerintah pada tahun 2019, dimana PDAM Tirtauli dipilih menjadi salah satu pilot project pencapaian 100-0-100, PDAM Tirtauli telah membuat beberapa program pengembangan untuk periode sampai dengan tahun 2019 untuk dapat menyerap pertumbuhan pelanggan hingga Tahun 2019, PDAM Tirtauli telah membuat program kerja aspek teknis dan non teknis.

Dalam kesempatan itu Walikota Hefriansyah, SE, MM dalam arahannya mengatakan, salah satu perusahaan daerah yang sehat dan baik kinerjanya adalah pdam tirtauli Pematangsiantar, namun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, contohnya perfoma laporan tidak ada peningkatan untuk itu laksanakan kinerja dengan efisiensi.

Selain itu Walikota juga mengatakan bahwa jumlah pelanggan 63 ribu meningkat menjadi 64 ribu, jadi peningkatan ini bukan karena kehebatan kita, tapi karena mereka memang butuh kita, seperti pembangunan rumah baru, otomatis mereka butuh kita, jadi bagi saya sebagai catatan kita bersama, kita uraikan dulu, tadi ada beberapa pelanggan menggunakan sumur bor, untuk itu tolong dikaji dan disingkronkan, agar lebih maksimal dan dapat terpenuhi semua yang kita harapkan, pungkasnya. (Humas Pemko Pematangsiantar)

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 1
  Hari ini = 11
  Total = 47933

Ikuti Kami