Pemko Pematangsiantar Gelar Manasik Haji Tahun 1438 H

Kamis, 20 Juli 2017

Humas

Berita

Dibaca: 196 kali

Plh. Walikota, Hefriansyah, SE, MM diwakili staf Ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Drs. H. Chaidir Sitompul membuka Manasik  Haji Kota Pematangsiantar Tahun 1438 H/2017 M, selasa pagi (18/7) di Aula Brimob Sub Den 2 Jalan Ahmad Yani, Siantar Timur. 
 
Tampak hadir Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar, Drs.H.M.Ali Lubis, Kabag Sos dan Kesra Drs. SA.Amsah, Drs. H. Abdul Haris Nasution dan Abdul Rasyid Nasution.
 
Manasik Haji merupakan sarana pembimbingan yang diberikan kepada jemaah calon haji dalam rangka memberikan gambaran dan tuntunan sebelum pelaksanaan sebenarnya di Arab Saudi. Karena itulah, seluruh peserta harus benar-benar memperhatikan dan mengikuti arahan serta bimbingan yang diberikan para instruktur atau pembimbing.
 
Drs. H. Chaidir Sitompul juga berpesan, agar para calon jamaah haji selalu kompak dan saling membantu. Selain itu, para jamaah juga dihimbau agar senantiasa menjaga kesehatan, pola makan dan mengantisipasi kambuhnya gejala penyakit yang pernah diderita. Apalagi cuaca di Arab Saudi jauh berbeda dengan di Pematangsantar. Iklim dapat berubah kapan saja dan menjadi ekstrim yang dapat mengancam keselamatan. 
 
“Selalu bertawakal kepada Allah SWT dan hindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan saat berada di sana,”katanya. 
 
Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pematangsiantar, Drs.Abd. Rahman Harahap,MA menyebutkan, jumlah calon jamaah haji kota Pematangsiantar tahun 2017 ini sebanyak 134 orang terdiri dari laki-laki 46 orang dan perempuan 88 orang, akan tetapi ada yang mutasi 2 orang yaitu Nurjannah Sianipar mutasi ke Serdang Bedagai dan Halizah mutasi Ke Medan. Sehingga total calon jemaah Haji kota Pematangsiantar pada kloter 6 menjadi 132 orang.
 
Adapun komposisi jamaah berdasarkan usia sebagai Berikut:
- Jamaah tertua laki-laki : Muhammad Yusuf Silalahi, Usia 78 Tahun 8 Bulan.
- Jamaah tertua perempuan : Nafijah, Usia 79 Tahun tahun 3 bulan.
- Jamaah termuda laki-Laki : Umar Fariq Tarigan, Usia 27 Tahun 6 Bulan.
- Jamaah termuda perempuan : Siti Fatima Karmalia Tarigan, 18 Tahun 7 Bulan.
 
Rencananya, kloter 6 ini dijadwalkan masuk asrama haji embarkasi Medan pada hari selasa, 1 Agustus 2017 pada pukul 08.00 Wib dan akan terbang pada hari rabu, 2 Agustus 2017 pada pukul 06.55 Wib, dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300 dari Bandara Kualanamu Medan.
 
Dan di jadwalkan tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada hari selasa, 2 Agustus 2017 pada pukul 10.45 Was. kemudian kembali ke tanah air pada tanggal 11 September 2017 pukul 23.20 Wib, katanya mengakhiri. (Humas Pemko Pematangsiantar).

Berita Terkait

Share

Kembali ke atas

PEMIMPIN KOTA PEMATANGSIANTAR



ARSIP BERITA

Jajak Pendapat

Apakah Website Pemerintah Kota Pematangsiantar telah memberikan informasi publik dengan baik?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Lihat

APLIKASI PEMKO PEMATANGSIANTAR

Siantar Smart City

e-PLANNING

Login Admin Aspirasi Smartcity

Statistik Pengunjung

  Online = 1
  Hari ini = 37
  Total = 39337

Ikuti Kami